Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Sup Bola Ikan (Fish Ball Soup)

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Banyak variasi yang bisa dibuat dari hidangan sea food. Mulai dari gorengan, panggang dan sup. Misalnya sup udang, sup pindang ikan, ikan asam manis, pepes, ikan panggang, semuanya sudah saya sajikan di website ini. Kali ini saya sajikan hidangan segar berkuah, sup bola ikan yang bisa juga disebut bakso ikan.

Jika ingin menyantapnya sop bola ikan 1 wmsebagai bakso ikan, maka Anda tidak perlu menambahkan sayur kapri seperti dalam resep ini.

Resep Sup Bola Ikan (Bakso Ikan)

Untuk 6 orang

Bahan: Bahan adonan bakso=> 250 g daging ikan kakap filet dicincang halus; 3 sdm tepung kanji/tapioka; 1 sdm irisan halus daun bawang; ¼ sdt merica bubuk; ½ sdt minyak wijen; 3 sdm air; ½ sdt garam. Bahan kuah =>1 sdm minyak untuk menumis; 2 siung bawang putih dicincang halus; 1 sdm kecap asin; 1, 5 kaldu ayam; 75 g kapri muda dibersihkan; 1 sdm bawang putih goreng untuk taburan (atau bisa bawang merah goreng); ½ sdt merica bubuk; 1 cm jahe digeprek.

Cara membuat bola ikan: Aduk semua bahan adonan bakso hingga kalis dan liat. Bentuk adonan menjadi bola-bola seukuran bakso. Sisihkan, selanjutnya kita membuat kuah sup.

Cara membuat kuah: Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga kekuningan. Tuang kaldu, bubuhkan kecap, jahe dan merica, didihkan kembali. Masukkan bola-bola ikan. Tambahkan kapri, didihkan sekali lagi angkat. Taburkan bawang putih atau bawang merah goreng. Nikmat disantap dengan nasi hangat dan gorengan. Disantap sebagai bakso ikan dengan mie pun, rasanya maknyus.

1bakwan5

Bakso ikan dan bakwan udang ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Ingin mencoba resep bakso (daging sapi) berikutnya seperti di bawah ini, silakan klik: Resep Bakso

DSC 0549wm

Bakso daging sapi ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2012. All rights reserved.
Designed by olwebdesign.com